Jumat, 02 Januari 2015

Struktur dan Anatomi Virus

Tidak ada komentar :

Struktur dan Anatomi Virus - Selamat datang di blog Disini Ada Virus!!!  Nah pada postingan kali ini saya akan memaparkan tentang Struktur dan Anatomi Virus. Ok!!! selamat menikmati!!!

Virus adalah organisme subseluler yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron dikarenakan dengan ukurannya yang sangat kecil. Virus tidak dapat disaring dengan penyaring bakteri karena ukurunnya lebih kecil dari pada bakteri. Virus terkecil itu lebih kecil dari pada ribosom dengan berdiameter hanya 20 nm, sedangkan virus terbesar sekalipun sukar dilihat dengan mikroskop cahaya.

Model skematik virus berkapsid heliks (virus mosaik tembakau) mempunyai tiga model yaitu:
  1. Asam nukleat (RNA)
  2. Kapsometer
  3. Kapsid

Genom virus itu dapat berupa DNA ataupun RNA. Genom virus yang dapat berupa DNA ataupun RNA itu terdiri dari DNA untai ganda, DNA untai tunggal, RNA untai ganda, atau RNA untai tunggal. Selain itu, asam nukleat genom virus itu dapat berbentuk linear tunggal atau sirkuler. Jumlah gen virus bervariasi dari empat untuk yang terkecil sampai dengan beberapa ratus untuk yang terbesar. Kebanyakan virus hewan dan manusia itu berbahan genetik yang berupa DNA, dan pada virus tumbuhan kebanyakan adalah RNA yang beruntai tunggal.

Bahan genetik virus itu mempunyai protein yang menjadi lapisan pelindung  atau dengan kata lain disebut juga sebagai kapsid. Bergantung pada tipe virusnya, kapsid bisa berbentuk bulat (sferik), heliks, polihedral, atau bentuk yang lebih kompleks dan terdiri atas protein yang disandikan oleh genom virus. Kapsid terbentuk dari banyak subunit protein yang disebut kapsomer.

Genom virus yang diselubungi oleh kapsid virus yang berbentuk sferik secara keseluruhan itu tidak terlalu berikatan dengan asam nukleat seperti virus heliks. Dengan strukturnya yang bervariasi dari ukuran 20 nanometer hingga 400 nanometer dan terdiri atas protein virus yang tersusun dalam bentuk simetri ikosahedral. Maka jumlah protein yang dibutuhkan untuk membentuk kapsid virus sferik itu ditentukan dengan koefisien T, yaitu sekitar 60t protein. Misalnya, pada virus hepatitis B memiliki angka T=4, maka virus tersebut membutuhkan 240 protein agar kapsid bisa terbentuk. Seperti virus bentuk heliks, kapsid sebagian jenis virus sferik dapat diselubungi lapisan lipid, namun biasanya protein kapsid sendiri langsung terlibat dalam penginfeksian sel.

Protein kapsid (biasanya disebut protein nukleokapsid) pada virus yang berbentuk heliks itu terikat langsung dengan genom virus. Misalnya, setiap protein nukleokapsid pada virus campak itu terhubung dengan enam basa RNA yang berbentuk heliks dengan ukuran panjangnya sekitar 1,3 mikrometer. Nukleokapsid pada virus campak yang merupakan komposisi kompeks dari protein dan asam nukleat ini diselubungi oleh lapisan lipid yang berasal dari sel inang dan glikoprotein yang disandikan oleh virus melekat pada selubung lipid tersebut. Bagian-bagian inilah yang berfungsi dalam pengikatan pada dan pemasukan ke sel inang pada awal infeksi.

Ada beberapa jenis virus yang memiliki unsur tambahan yang membantunya menginfeksi inang. Seperti virus pada hewan yang memiliki selubung virus, yaitu membran yang menyelubungi kapsid. Selubung ini mengandung fosfolipid dan protein dari sel inang, tetapi juga mengandung protein dan glikoprotein yang berasal dari virus. Selain protein selubung dan protein kapsid, virus juga membawa beberapa molekul enzim di dalam kapsidnya. Ada pula beberapa jenis bakteriofag yang memiliki ekor protein yang melekat pada "kepala" kapsid. Serabut-serabut ekor tersebut digunakan oleh fag untuk menempel pada suatu bakteri. Partikel lengkap virus disebut virion. Virion berfungsi sebagai alat transportasi gen, sedangkan komponen selubung dan kapsid bertanggung jawab dalam mekanisme penginfeksian sel inang. Bakteriofag itu terdiri dari kepala polihedral yang berisi asam nukleat dan ekor yang berfungsi untuk menginfeksi inang.

Demikianlah penjelasan singkat saya tentang Struktur dan Anatomi Virus.
Saya ucapkan terima kasih karena sudah berkunjung dan membaca postingan saya ini, jika didalamnya terdapat kesalahan-kesalahan pada penulisan ini saya memohan maaf yang sebesar-besarnya dan juga saya mohon bantuannya untuk kritik dan sarannya agar saya dapat memperbaiki atas kesalahan-kesalahan yang terdapat pada postingan ini. Sekali lagi terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar